Si Pencari


Saya manusia tipe pencari. A seeker.  Untuk urusan keyakinan, saya selalu mencari dan mencari. Tidak pernah puas. Resikonya adalah dianggap tidak konsisten oleh, lagi-lagi, orang lain. Ya, orang lain yang terlalu sibuk hanya  memikirkan orang lain, yang tidak terlalu percaya diri dengan keyakinannya sendiri dan selalu mencari 'kambing hitam'. Untuk urusan keyakinan, saya kurang nyaman kalau hanya sekedar harus tunduk dan ’menerima’. Maka itu saya selalu mencari yang terbaik untuk saya, yang paling mendamaikan saya terutama kedamaian dengan diri saya sendiri. 

Keyakinan buat saya adalah sesuatu yang sangat pribadi dan mandiri. Tidak boleh mudah terpengaruh oleh pandangan orang lain. Tidak boleh mudah percaya apa kata orang sekalipun itu orang tua ataupun orang terdekat kita. Pandangan setiap orang terhadap agama dan keyakinannya adalah personal dan tentunya setiap orang akan punya pandangan berbeda berdasarkan pengalaman spiritualnya masing-masing. Ya, agama dan keyakinan adalah urusan saya dengan apapun itu yang sering banyak disebut orang sebagai  ‘Tuhan’. 

Saya rasa tidaklah masuk akal ketika saya menjalani hidup dan memilih untuk sesuatu hal yang bahkan paling pribadi sekalipun masih harus mengikuti ekspektasi orang lain. Kalau begitu terus, lalu kapan saya punya waktu untuk benar-benar mendengarkan ekspektasi saya sendiri? Keinginan saya sendiri? Menentukan jalan hidup memang tidak mudah dan seringkali kitapun memerlukan bimbingan mereka yang dianggap 'lebih tahu' tapi haruskah selalu 'mengikutsertakan' ekspektasi orang lain, rasa takut tidak enak dengan perasaan orang lain, obligasi secara moral terhadap orang lain? 

Saya pribadi memutuskan: tidak. 

Peduli setan dengan ekspektasi orang lain. Apakah saya ini liberal? Moderat? Fanatik? Entahlah, yang pasti saya tidak pernah berusaha meluangkan waktu untuk mengurusi keyakinan dan persepsi orang lain mengenai agama dan kepercayaannya. Dan untuk urusan tidak mau ikut sibuk ini, saya cukup fanatik. Anda bagaimana?


Semoga semua mahluk berbahagia. 






No comments: